DIES NATALIS PG PAUD UMS diperingati dengan diselenggarakannya acara Pentas Seni dan Pameran Alat Permainan Edukatif Car Free Day Solo, suasana yang ramai dengan berbagai acara dan kehadiran banyak orang yang melakukan berbagai aktifitas memberi kesempatan acara ini dapat dinikmati oleh banyak orang. Acara ini diselenggarakan pada 20 Juli 2019 yang bertempat di Jl. Slamet Riyadi Solo diikuti oleh mahasiswa semester 2, 4 dan 6 prodi PG PAUD UMS. PG PAUD melaksanakan acara di car free day agar masyarakat mendapat sosialisasi yang lebih menarik mengenai pendidikan anak usia dini.
Di acara ini Prodi Pg Paud UMS menyelenggarakan kesenian menari, memainkan alat musik angklung dan pameran alat permainan edukatif dengan tema keceriaan anak usia dini. Kesenian menari dipersembahkan oleh mahasiswa PG Paud semester 2. Tarian yang ditampilkanpun ditujukan untuk mengangkat keberagaman budaya Indonesia dari berbagai daerah dan ditampilkan dengan pakaian tradisional sebagai pelestarian budaya, serta musik yang mengiringipun juga merupakan musik berirama kedaerahan untuk mengingatkan kekayaan Indonesia dari berbagai kesenian.
Adapuun sambutan dari kaprodi dan dosen-dosen prodi PG PAUD UMS untuk mensosialisasikan visi misi PG PAUD yang sangat berperan penting bagi perkembangan pendidikan anak usia dini secara nasional. Dimulai dari ketertarikan peminat prodi Pg Paud maka akan menghasilkan guru-guru pendidikan anak usia dini yang handal. Sosialisasi ini tak semata-mata hanya untuk menarik peminat podi pg paud, tetapi juga memberikan ilmu pengetahuan untuk semua masyarakat disekitaran CFD yang menyaksiskan event Pg Paud ini mengenai cara untuk meningkatkan potensi tumbuh kembang anak.
Acara yang lainnya adalah pameran Alat Permainan Edukatif bagi anak usia dini. Pameran APE ini didukung oleh laboratorium Pg Paud yang menyediaka berbagai fasilitas untuk pembelajaran pada pendidikan anak usia dini. Alat Permainan Edukatif yang dipajang adalah hasil karya dari mahasiswa mahasiswi Pg Paud UMS. Tentunya pameran alat permainan edukatif ini ditujukan untuk memotivasi para guru PAUD bahwa pembelajaran anak usia dini dapat dioptimalkan dengan cara kreatifitas guru untuk mengelola lingkungan menjadi bahan ajar dan sumber pembelajaran bagi anak usia dini.